Media Masyarakat Tentang Pengenalan Informasi Seputar Burung Kicau, Atau Hewan Peliharaan Dalam Perawatan, Penangkaran, dan Penyembuhan Penyakit.

Cara Memilih Burung Kacer Bakalan Yang Prospeknya Bagus

Artikel terkait : Cara Memilih Burung Kacer Bakalan Yang Prospeknya Bagus

Burung kacer, burung yang identik dengan suara merdunya ini banyak sekali peminatnya, jelas sekali kalau Kicau Mania Indonesia pasti mengenal burung yang masuk dalam kelas Kucica Kampung (Copsychus saularis) adalah burung pengkicau kecil yang sebelumnya dikelompokkan sebagai anggota keluarga Turdidae (murai dan sejenisnya), tetapi kini dianggap sebagai anggota Muscicapidae. Burung ini berwarna hitam dan putih dengan ekor yang panjang. Ekornya terangkat ke atas jika mereka sedang mencari makanan di tanah atau kadang ketika sedang bertengger, dan menyibakkan ekornya atau sering disebut Ngobra ketika bertarung/adu suara kicauan. (Baca Juga: Pilih Kacer Dada Putih Atau Kacer Dada Hitam)

Burung kacer yang berkicau dengan baik adalah burung kacer jantan, untuk itu dalam artikel Koran Burung kali ini, kita akan membahas bagaimana agar kita bisa memilih burung kacer jantan bakalan katuranggan yang bagus, baik untuk lomba maupun untuk rumahan/klangenan. 

contoh Kacer Jantan Prospek Bagus

Ada beberapa pedoman Katuranggan Kacer yang mesti kita ketahui, akan di bahas di bawah ini.
  • Pilih kacer yang berjenis kelamin jantan yang ditandai dengan warna bulu yang kontras. Warna hitam dan putih pada kacer jantan tajam dan mengkilap. Pilih yang bersih jangan yang lusuh dan kotor, bulu - bulu yang bersih bisa menunjukkan burung tersebut sehat. (Baca juga : Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Kacer Jantan Dan Betina Muda)
  • Pilihlah kacer yang paling lincah dan nafsu makan besar di antara kacer bahan lainnya, jika didalam kandang ombyokan kita bisa perhatikan. 
  • Pilih kacer yang mempunyai paruh yang berpangkal lebar, besar, dan tebal. Tak lupa pula, pastikan paruh tersebut panjang dengan paruh bagian bawah lurus, dengan belahan memanjang hingga ke belakang, ke bawah mata. Ini memungkinkan kelak suaranya lebih keras karena paruhnya akan lebih lebar ketika berbunyi. Dan juga perhatikan lubang hidung, pilih kacer yang memiliki lubang hidung besar. Konon kacer ber-ciri seperti ini mempunyai tenaga besar untuk berkicau.
  • Kacer yang prospek umumnya mempunyai kepala yang berbentuk kotak dengan mata yang besar melotot tajam atau mendolo hinga terlihat seperti hendak keluar dari kelopaknya. Ciri-ciri ini menandakan burung tersebut mempunyai mental tempur yang baik, jika di perlombaan kacer seperti biasanya ngotot, tidak mau kalah dengan musuhnya
  • Pilih Kacer yang postur badannya proporsional, artinya antara postur, panjang leher bersisi, badan, ekor, dan kaki harus serasi. Untuk leher cari kacer yang lehernya membulat besar dan dempal, leher tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek. Bisa dipastikan kacer seperti ini ngotot bunyinya.
  • Dan untuk yang terakhir tidak kalah penting, cari kacer yang berkaki besar, kering, jari - jari kuat mencengkram. Di alam liar, kacer seperti ini adalah Raja Teritorialnya.

Sekarang anda tak perlu ragu lagi untuk memilih burung kacer bakalan yang prospek jika berpegang pada pedoman diatas.

Tetap jadikan Koran Burung inspirasi Kicau Mania Indonesia.

Artikel Koran Burung Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 Koran Burung | Design by Koran Burung