Media Masyarakat Tentang Pengenalan Informasi Seputar Burung Kicau, Atau Hewan Peliharaan Dalam Perawatan, Penangkaran, dan Penyembuhan Penyakit.

Perawatan Harian Burung Kepodang Agar Cepat Bunyi

Artikel terkait : Perawatan Harian Burung Kepodang Agar Cepat Bunyi

Kepodang termasuk burung kicau yang cukup mudah untuk dikenali, burung ini biasanya berwarna kuning keemasan, jadi terlihat sangat indah dan menawan. Siapa saja yang mendengar suara kepodang, bisanya berasa seperti berada di daerah perdesaan yang nuansanya masih alami, berbeda dengan daerah perkotaan yang sudah hingar bingar suara kendaraan.
Burung Kepodang
Kepodang termasuk burung dengan suara yang nyaring dan merdu, serta dengan suaranya yang juga melengking menjadikan burung ini cukup banyak digemari oleh masyarakat pecinta burung kicau. Meski kepodang memiliki suara yang bagus, namun terkadang burung ini malas untuk berbunyi. Tentu hal ini ada penyebabnya, sehingga menjadikan sang pemilik berpikir lebih untuk menjadikan kepodang menjadi rajin berkicau.

Penampilan kepodang yang tenang saat berada di dalam sangkar ternyata berbanding terbalik dari karakternya di alam liar. Kepodang dikenal sebagai burung yang sangat agresif, terutama ketika berhadapan dengan spesies burung lainnya. Tidak jarang kepodang terlihat mengusir, mengejar, bahkan melukai burung lainnya menggunakan paruhnya yang tebal. Diketahui pula, kepodang sering merusak sarang milik burung lain terutama kutilang, trucukan, dan perkutut untuk memakan telur atau anakan burung yang masih berada di sarangnya.

Nah, pertanyaannya: bagaimanakah cara merawat kepodang agar rajin berbunyi? berikut adalah poin-poin penting perawatan kepodang agar senang berkicau:

  • Apabila kepodang baru dibeli, maka tempatkan di kandang dengan lokasi yang tenang dan sejuk.
  • Biarkan burung beradaptasi terlebih dahulu beberapa hari dengan lokasi sekitar, mulai dari lingkungan luar, dalam kandang (pakan, tangkringan, sangkar, minum, dll).
  • Beri kepodang pakan yang menyegarkan, yaitu buah-buahan segar yang manis, seperti: mangga, pepaya, dll.
  • Berikan pula pakan tambahan seperti: jangkrik dan ulat bambu tiap pagi dan sore hari secara rutin dengan porsi 1-2 ekor.
  • Sekali-kali beri juga ulat hongkong dengan tujuan agar burung menjadi lebih jinak dari sebelumnya.
  • Ketika pagi hari, coba digantang di tiang khusus penggantangan.
  • Setiap pagi dan sore lakukan pemandian dan penjemuran seperlunya,  pagi maksimal jam 10, dan sore maksimal jam 5.
  • Sore hari letakkan burung di bawah pepohonan yang rindang dan diperdengarkan suara burug master.
  • Malam hari, kerodongi dan masukkan dalam rumah, bisa juga dimaster hingga pagi (disesuaikan kondisi, jika sore sudah dimaster, maka tidak usah).
  • Tambahkan vitamin alami pendukung agar nutrisi terpenuhi.


Sekian beberapa tips-tips perawatan kepodang agar rajin bunyi, semoga bermanfaat buat sobat yang membaca artikel ini.

Artikel Koran Burung Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 Koran Burung | Design by Koran Burung