Media Masyarakat Tentang Pengenalan Informasi Seputar Burung Kicau, Atau Hewan Peliharaan Dalam Perawatan, Penangkaran, dan Penyembuhan Penyakit.

Mengatasi Burung Kutilang Yang Mencabuti Bulu Akibat Over Birahi

Artikel terkait : Mengatasi Burung Kutilang Yang Mencabuti Bulu Akibat Over Birahi

Over birahi dapat digambarkan atau ditunjukan dengan meningkatnya aliran peredaran darah serta suhu tubuh yang meningkat terutama pada bagian reproduksi yang disebut birahi berlebihan. Pada siklus normalnya, birahi tumbuh dengan sendirinya secara alami, namun ada juga cara untuk memanipulasi birahi. 

Mengatasi Burung Kutilang Yang Mencabuti Bulu Akibat Over Birahi
Burung yang masih di alam bebas, birahinya muncul secara alami dan dapat diatur oleh dirinya sendiri. Namun pada burung yang dipelihara oleh manusia, birahinya dipengaruhi oleh pakan, suhu dan juga perawatan. (Baca juga: Cara Membedakan Burung Kutilang Jantan Dan Betina)

Burung kutilang yang mengalami over birahi, terutama dalam kondisi berat, sering mengalami aneka gejala yang merugikan.  Mulai dari malas bunyi, nakal, atau sering menyakiti diri sendiri dengan mencabuti bulu bulunya, terutama bulu ekor. Akibatnya ekornya menjadi bondol dan berdarah pada pangkal ekor.  Bagaimana mengatasi masalah ini, sehingga kutilang kembali normal dan bulu bulunya bisa segera tumbuh lagi?

Untuk mengatasi kutilang yang mencabuti bulu akibat over birahi, tentu diperlukan tahap tahap tertentu sehingga tak boleh berharap langsung cepat membuahkan hasil.  Butuh waktu, ketelatenan dan kesabaran tersendiri. (Baca juga: Pengalaman Menjinakkan Kutilang yang Masih Giras)

Berikut ini lima tahap yang harus dilalui agar hasilnya maksimal:
  1. Menyendirikan burung yang bermasalah, salah satu faktor yang dapat mendukung proses penyembuhan adalah menyendirikan kutilang yang mengalami masalah.  Pisahkan dia dari burung sejenis maupun jenis burung lainnya yang bisa membuatnya terus menerus mengalami over birahi. Dengan menyendirikan burung maka proses penyembuhannya akan berlangsung lebih cepat dan efektif.
  2. Untuk sementara voer tidak diberikan, untuk sementara waktu, dalam masa penyembuhan, burung kutilang yang bermasalah tidak perlu diberi pakan kering (voer), sebagai gantinya, berikan buah buahan terutama pisang. Dengan demikian, selama 1-2 minggu masa perawatan. Pisang menjadi pakan utama bagi kutilang yang bermasalah.
  3. Jangan berikan extra fooding, selain meniadakan voer, dalam masa penyembuhan burung juga jangan diberi extra fooding (EF) seperti jangkrik, ulat hongkong, dan sebagainya. Hilangkan menu EF untuk sementara, atau selama masa terapi.
  4. Mandi dua hari sekali, pemberian mandi bisa dilakukan dua kali dalam sehari (Pagi / Sore).
  5. Berikan multivitamin, jangan lupa, selama masa perawatan kondisi kutilang akan menjadi drop. Hal ini terutama kerena akibat tidak adanya lagi pasokan EF. Untuk menjaga agar burung tetap fit, berikan multivitamin yang bisa didapatkan dikios burung, agar kondisi burung tetap relatif terjaga meski dalam kondisi ngedrop.

Mengatasi Burung Kutilang Yang Mencabuti Bulu Akibat Over Birahi
Pantau perkembangan selama 1-2 minggu, sambil melakukan terapi, anda bisa memantau perkembangan burung setiap harinya selama 1-2 minggu, syukur syukur kutilang sudah pulih kurang dari dua minggu. Karena terapi ini akan membuat kutilang drop, maka kutilang akan berhenti melakukan aktifitas menyakiti dirinya terutama mencabuti bulu nya..

Ketika burung sudah berhenti mencabuti bulu bulunya,, maka akan tumbuh bulu bulu baru dibagian yang mengalami kebotakan termasuk ekor. Dan jika hal itu terjadi maka burung bisa kembali menjalani perawatan hariannya. Dengan pemberian mandi yang lebih teratur agar bulu bulu mereka kembali tumbuh dengan sempura dan rapi. (Baca juga: Kutilang Mana Yang Baik Untuk Di Pelihara ? Yang Jantan Atau Yang Betina ?)

Setelah burung tidak lagi mencabuti bulunya lagi maka perawatan harian bisa dilakukan kembali, seperti sebelum over birahi.

Itulah tips singkat mengenai cara mengatasi burung kutilang yang mencabuti bulu akibat over birahi parah.

Semoga bermanfaat.
Tetap jadikan Koran Burung inspirasi Kicau Mania Indonesia.

Artikel Koran Burung Lainnya :

3 komentar:

  1. kutilang yg jambulnya berdiri terus jantan apa betina ya?

    BalasHapus
  2. Agak susah membedakan kelamin jantan dan betina setelah membaca artikel ini pengetahuan Sy bertambah

    BalasHapus

Copyright © 2018 Koran Burung | Design by Koran Burung