Media Masyarakat Tentang Pengenalan Informasi Seputar Burung Kicau, Atau Hewan Peliharaan Dalam Perawatan, Penangkaran, dan Penyembuhan Penyakit.

Mengenal Burung Perling Kumbang Atau Camperling, Si Hitam Nan Elok

Artikel terkait : Mengenal Burung Perling Kumbang Atau Camperling, Si Hitam Nan Elok

Perling kumbang (Aplonis panayensis) adalah spesies burung dari famili jalak-jalakan (Strunidae). Tersebar luas di Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Perling kumbang / Camperling Dewasa
Burung ini juga sering disebut camperling, keling (Jawa), berling kembang (Sumatera), geuri, kalolojang (Sunda), lilin, perling (Melayu), Orang Barat (bule) menyebutnya Asian glossy starling. Menambahan kata cucak di depan nama keling adalah hal salah kaprah karena burung ini bukan keluarga cucak-cucakan.

Panjang tubuh sekitar 20 -25 cm. Tubuh berwana hitam mengkilap pada individu dewasa. Pada individu remaja atau anakan bagian perut berwarna putih dengan coretan hitam, paruh dan kaki burung perling berwarna hitam.

Burung camperling mudah dijumpai di beberapa tempat secara terpencar pada daerah dataran rendah sampai ketinggian 1200 mdpl. Hidup dalam kelompok yang ribut; beristirahat, makan dan bersarang bersama. Memakan buah-buahan (pepaya, pisang, mangga, buah ara) juga memakan nektar, serangga, laba-laba dan siput di pepohonan dan semak-semak. Sering mengunjungi daerah terbuka di dekat hutan (termasuk perkebunan kelapa), juga desa dan kota.

Bersarang di lubang pohon, tajuk palem dan pada rumpun paku epifit yang menempel pada percabangan pohon. Pada sarang yang berbentuk lubang, hanya sedikit menggunakan material sarang; sarang biasa tersusun dari rerumputan dan sampah (misal kertas). Berbiak sepanjang tahun, puncak perbiakan bulan Maret-Juni. Jumlah telur 3, berwarna biru dengan bercak coklat gelap.

Perling kumbang / Camperling Remaja
Burung camperling ini memang tidak sepopuler jenis burung yang lain nya tapi keberadaan jenis burung ini memang sudah lama di kalangan para pecinta burung peliharaan dan mungkin buat anda yang baru mengenal nya, tidak ada salah nya untuk  mengenal lebih jauh terhadap jenis burung yang satu ini dengan cara memelihara nya atau merawat nya.

Kalau di lihat dari wajah dan bulu jenis burung camperling ini memang sedikit menakutkan karena mempunyai mata yang merah menyala dan warna bulu yang full hitam seakan-akan burung tersebut mempunyai aroma mistis namun pada kenyataan nya tidak begitu jadi jika kita pelihara pun tidak akan ada unsur mistis nya, mungkin hal itu karena anda baru melihat burung tersebut tapi jika sudah terbiasa melihat nya, tidak akan begitu.

Terimakasih semoga bermanfaat.
Tetap jadikan Koran Burung inspirasi Kicau Mania Indonesia.

Artikel Koran Burung Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 Koran Burung | Design by Koran Burung