Media Masyarakat Tentang Pengenalan Informasi Seputar Burung Kicau, Atau Hewan Peliharaan Dalam Perawatan, Penangkaran, dan Penyembuhan Penyakit.

Perawatan Pada Burung Murai Batu Yang Mabung / Molting / Ngurak

Artikel terkait : Perawatan Pada Burung Murai Batu Yang Mabung / Molting / Ngurak

Burung Kicauan / Unggas akan mengalami siklus wajib pergantian / rontok bulu yang biasa disebut mabung / molting / ngurak. Biasanya proses mabung ini akan dialami setiap tahunnya sesuai dengan jadwal siklus burung masing - masing. Dalam artian, misalnya anda ketahui burung kicauan milik anda mabung untuk yang pertama kali pada bulan Januari, maka kemungkinan besar pada bulan Januari tahun depan burung tersebut akan mengalami masa mabung berikutnya secara periodik, tak terkecuali dengan burung murai batu.

Perawatan Pada Burung Murai Batu Yang Mabung / Molting / Ngurak
Ada istilah lain yaitu nyulam. Nyulam adalah aktifitas tumbuh bulu baru menggantikan bulu yang rontok tetapi secara keseluruhan bulu dalam kondisi bulu baru, kondisi ini akan terjadi ketika sang burung sudah melewati tahap ngurak/atau rontok bulu, dimana akan tumbuh bulu baru.

Proses mabung murai batu yang kita pelihara di rumah pada umumnya masih mengikuti pola mabung murai batu di hutan/alam dimana saat makanan sedang berlimpah dihutan, murai batu pun secara naluri siap untuk melakukan pergantian bulu dan di lanjutkan dengan proses kawin/perkembangbiakan.

Untuk murai batu yang kita pelihara dari kecil/piyik/hasil dari breeding siklus mabungnya terkadang menyimpang dari pola mabung murai hutan, bisa lebih cepat atau bahkan lebih lama tergantung penempatan/intensitas cahaya serta pengaturan pola makanan. Namun secara umum pergantian bulu terjadi satu kali dalam setahun.

Perawatan Pada Burung Murai Batu Yang Mabung / Molting / Ngurak
Bagi para kicau mania saat burung mabung adalah saat yang membosankan namun juga saat yang ditunggu tunggu, dengan datangnya mabung merupakan saat yang baik untuk mensetting ulang seekor murai batu dimana baik dan buruknya tergantung perawatan saat mabung.

Perawatan mabung / rontok bulu Murai Batu:
  • Murai batu mabung sebaiknya di isolasi dari murai batu lain. Jangan sampai mendengar suara murai batu lain, cukup hanya suara masteran saja biar kondisi mental murai batu yang sedang mabung bisa terjaga.
  • Sebaiknya murai batu dikrodong biar lebih nyaman dari udara dan mempercepat ambrolnya bulu yang tua.
  • Minimal kandang jangan terlalu sering di pindah - pindah tempat agar murai batu nyaman.
  • Makanan untuk murai batu mabung, bila bulu yang tua copotnya baru sedikit, sebaiknya asupan makanan cukup voer/poor saja. Stop esktra fooding (EF), bila rontok bulu tuanya sudah lebih dari 75%, barulah EF bisa diberikan. Berupa kroto dan campuran minyak ikan. Bila sudah 90% bisa mulai ditingkatkan lagi EF kroto + minyak ikan, jangkrik 5-10 ekor pagi dan sore. 
  • Bila masa rontok bulu sudah terlewati atau sudah dalam kondisi nyulam bulu muda EF bisa ditambahkan ulat jerman 2 ekor pagi dan malam hari. Berikan vitamin pada air minumnya.
  • Mandi selama mabung diusahakan jangan dilakukan sampai benar - benar tuntas.
  • Jemur sebaiknya juga tidak dilakukan sampai benar - benar tuntas. Hal yang terjadi jika di jemur ketika tumbuh bulu baru akan keriting atau kisut.
  • Bila sudah tuntas mabung penjemuran bertahap, dari 15 menit saja sampai kembali ke rawatan harian biasanya.
Demikian ulasan mengenai perawatan murai batu yang mabung. Lalu bagaimana jika ternyata murai susah merontokkan bulu tuanya, atau macet mabung ? silahkan baca artikelnya Solusi Burung Murai Batu Yang Macet Mabung Agar Cepat Ambrol.

Semoga bermanfaat.
Tetap jadikan Koran Burung inspirasi Kicau Mania Indonesia. 

Artikel Koran Burung Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 Koran Burung | Design by Koran Burung