Media Masyarakat Tentang Pengenalan Informasi Seputar Burung Kicau, Atau Hewan Peliharaan Dalam Perawatan, Penangkaran, dan Penyembuhan Penyakit.

Cara Agar Ulat Hongkong Cepat Berganti Kulit

Artikel terkait : Cara Agar Ulat Hongkong Cepat Berganti Kulit

Ulat hongkong (Mealworm) adalah larva dari kumbang. diperlukan oleh burung kicau pemakan serangga seperti murai batu, kacer, pleci, ciblek dsb. karena ulat hongkong memiliki kandungan protein yang baik untuk mendongkrak birahi burung, agar burung lebih ngotot dan gacor. namun yang harus diperhatikan adalah jumlah ulat hongkong yang diberikan. Sebaiknya tidak terlalu banyak, karena ulat hongkong bersifat panas dan efeknya bisa membuat burung kicau rontok bulunya.

Ulat hongkong yang diberikan pada burung kicau yang paling bagus adalah ulat hongkong yang baru berganti kulit (molting). Selain lebih disukai burung kicau, ulat hong yang baru molting bertekstur lembut, sehinggga mudah dicerna oleh burung kesayangan anda, terutama untuk burung kecil seperti pleci dan ciblek.

Ulat Hongkong
Namun untuk burung besar seperti jalak suren, kacer, murai batu dsb. ulat hongkong yang belum berganti kulit pun tidak menjadi masalah bila dimakannya. Namun tetap harus diperhatikan jumlah yang diberikan. Mungkin sudah banyak artikel yang membahasnya, namun pada postingan kali ini saya akan sedikit menambahkan dari yang saya baca pada beberapa artikel tersebut. Trik membuat ulat hongkong cepat berganti kulit adalah dengan cara membuatnya lapar setelah sehari sebelumnya dikenyangkan terlebih dahulu.

Pada artikel yang saya tulis kali ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi dan hasil sharing dengan sobat kicau yang dekat dengan saya. Caranya yaitu dengan menggunakan kayu yang sudah rapuh dan kering. Biasanya memanfaatkan kayu yang bekas pakai lama, misalnya kayu bekas papan yang sudah rapuh atau keropos. Kayu tersebut digunakan sebagai pengganti pakan saat ulat hongkong kelaparan.

Cara lengkapnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama sediakan ulat hongkong dalam jumlah banyak atau sesuaikan dengan jumlah burung pemakannya. Karena mudah didapat dan harganya yang relatif murah, lebih banyak stok lebih baik, karena peluang ulat hongkong yang moltingnya lebih banyak.
  2. Saring atau ayak ulat hongkong dengan maksud untuk membersihkannya dari sisa kotoran dan kulit yang sudah terkelupas, jika ada ulat yang mati, sebaiknya dibuang sehingga ulat yang hidup lebih bersih.
  3. Masukan ulat hongkong kedalam wadah, bisa berupa kaleng bekas, toples atau wadah apa saja yang bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan yang aman. Aman dari semut dan aman dari peluang ulat hongkong kabur dari wadah.
  4. Beri pakan, 1-2 sendok voer burung atau bisa disesuaikan dengan jumlah banyaknya ulat hongkong. Kemudain tambahkan wortel yang di iris tipis.
  5. Berikan kayu rapuh pada hari berikutnya, atau setelah pakan yang diberikan habis. Ulat hongkong yang lapar akanmengggerogoti kayu rapuh tersebut dan ulat akan lebih cepat berganti kulit pad keesokan harinya atau hari itu juga.
  6. Ada juga yang menyarankan memberinya makan dengan cangkang telur, namun saya belum pernah mempraktikannya.
  7. Jika sudah melakukan poin-poin diatas, maka ketersediaan stok ulat hongkong kulit putih anda akan banyak. Lakukan kembali hal-hal tersebut jika stok mulai berkurang.
  8. Simpan ulat hongkong di tempat yang kering dan jauhkan dari jangkauan anak kecil, disarankan disimpan dengan posisi tergantung, untuk menghindari semut yang menjadi hama untuk ulat hongkong.
Itulah beberapa cara untuk membuat ulat hongkong cepat molting atau berganti kulit. Baca terus postingan menarik dari Koran Burung.
Tetap jadikan Koran Burung inspirasi Kicau Mania Indonesia.



Artikel Koran Burung Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 Koran Burung | Design by Koran Burung