Media Masyarakat Tentang Pengenalan Informasi Seputar Burung Kicau, Atau Hewan Peliharaan Dalam Perawatan, Penangkaran, dan Penyembuhan Penyakit.

Cara Membedakan Anis Kembang Jantan dan Betina

Artikel terkait : Cara Membedakan Anis Kembang Jantan dan Betina

Perlu berhati-hati dan teliti serta perlu belajar terlebih dahulu untuk mengetahui apa jenis kelamin burung yang akan kita beli jika kita ingin membeli burung baik di pasar burung ataupun di toko burung dan perorangan, tetapi biasanya jika kita membeli burung di toko burung akan diberitahukan apakah burung yang akan dijualnya tersebut berjenis kelamin jantan ataukah betina. Berbeda dengan ketika kita membeli di pasar burung dan perorangan yang terkadang sering membuat kita terkecoh.

Pada saat berkunjung ke pasar burung untuk membeli burung yang memang semula sudah direncanakan dari rumah untuk dibelinya yaitu Anis Kembang, kebetulan sesampai di pasar Burung dan tertuju pada seorang pedagang yang tersedia burung Anis Kembang, namun secara garis besar kita belum terlalu faham berjenis kelamin apakah burung yang akan kita beli tersebut, karena tidak sedikit penjual burung yang mengatakan ketika kita bertanya jenis kelaminnya apa, dengan jelas dan yakin tanpa ragu-ragu si Pedagang menjawab dengan jawaban “Jantan” padahal sebenarnya si pedagang tersebut sudah faham persis kalo burung yang dia jual sebenarnya betina. Untuk itu sebelum membeli hendaknya kita fahami dulu seperti apakah dan apa saja ciri-ciri burung jantan dan betina terutama burung Anis Kembang tersebut. Untuk sekedar info, coba tanyakan kepada teman ataupun mencari info dari internet tentang ciri-ciri burung yang akan kita beli.  

Memang, bagi kicaumania yang sudah professional tidak sulit membedakan jenis kelamin Anis Kembang jantan dan betina, namun bagi para pemula mungkin agak sedikit bingung cara mengetahui perbedaannya, dan bagaimana cara membedakannya ?

Anis Kembang Jantan Vs Anis Kembang Betina

Ciri-ciri Anis Kembang Jantan

  • Ketika sudah birahi akan berperilaku mendongakkan kepala ke atas menyerupai ular kobra.
  • Di sekitar area kloaka atau pantat terdapat bulu hitam keabu-abuan yang bermotif seperti gambar awan.
  • Saat bertengger jarak kaki terlihat berjarak lebih rapat.
  • Bulu terlihat tegas dan lebih mengkilap.
  • Banyak yang mengatakan bahwa mata terlihat lebih menonjol.
Ciri-ciri Anis Kembang Betina


  • Ketika sudah mulai birahi, jika berdekatan ataupun mendengar suara jantan maka ia akan berperilaku menggetarkan sayapnya dengan membuka atau menutup secara terus-menerus.
  • Di sekitar pantat bulu hanya sewarna yaitu putih, kadang terlihat bersih dan terkadang bisa kusam.
  • Ketika bertengger jarak kaki terlihat lebih renggang.
  • Bulu tubuh cenderung kusam.
  • Mata cenderung datar.

Dari beberapa proses perbandingan ciri-ciri di atas, yang paling banyak digunakan kicau mania adalah pada pengamatan bentuk mata, kusam ataupun mengkilapnya warna bulu dan cara bertengger masing-masing burung. Namun metode-metode tersebut sangat sulit diterapkan pada unggas yang masih anakan. Adapun cara yang bisa dibuat perbandingan terhadap unggas trotolan adalah dengan mengamati suara anis kembang saat ngeriwik. Apabila saat ngeriwik dibarengi dengan buka paruh maka bisa diyakini burung anis tersebut mempunyai kelamin jantan. Jika ngriwiknya hanya dengan menggelembungkan tenggorokan atau lehernya saja, dan tanpa membuka paruh, maka bisa disebut bahwa burung tersebut merupakan anis kembang betina.

Tetap jadikan Koran Burung inspirasi Kicau Mania Indonesia.

Artikel Koran Burung Lainnya :

1 komentar:

  1. Apakah jantan juga bersuara ngecir nritk, sebab saya juga masih ragu ,saya beli kata penjual jantan. Tapi saya masih ragu. 🙏

    BalasHapus

Copyright © 2018 Koran Burung | Design by Koran Burung