Media Masyarakat Tentang Pengenalan Informasi Seputar Burung Kicau, Atau Hewan Peliharaan Dalam Perawatan, Penangkaran, dan Penyembuhan Penyakit.

Cara Membedakan Anis Merah Jantan Dan Betina Ketika Masih Trotol

Artikel terkait : Cara Membedakan Anis Merah Jantan Dan Betina Ketika Masih Trotol

Burung Anis Merah adalah salah satu jenis burung kicau yang cukup populer di telinga kicau mania, khususnya di Indonesia. Anis Merah memiliki nama lain seperti Anis atau punglor Merah juga disebut punglor Bata pemakan cacing. Nama ilmiah dari anis merah itu sendiri Turdus citrinus pertama ditahbiskan oleh John Latham. Penyebaran adas merah di sebagian besar Asia, termasuk Indonesia dan manalysia. Anis merah di Indonesia dapat dibagi menjadi dua yaitu, Zoothera citrina gibsonhilli dan Zoothera citrina innotata.

Perbedaan Burung Anis Merah Jantan dan Anis Merah Betina, memang agak susah dalam membedakan anis merah jantan dan betina itu dikarenakan hampir samanya bentuk fisik antara anis merah jantan dan betina, banyak orang yang salah menebak ketika memilih anis merah jantan dan betina, baik yg sudah dewasa ataupun yg masih trotol. Namun menurut kicau mania berpengalaman, jika anis merah sudah tumbuh dewasa, maka tingkat kesulitan untuk membedakan jantan dan betina akan lebih sulit. Ya, karena lebih mudah untuk membedakan anis merah yg masih kecil atau trotolan.
Pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi dan tips tentang karakteristik burung anis merah jantan dan betina ketika masih trotol/remaja.

Sesungguhnya anis merah trotol bisa dibedakan jenis kelaminnya hanya saja ketika anis merah trotol itu masih berusia 2 sampai 3 minggu.

  1. Anis merah trotol pasti berjenis kelamin jantan jika tidak ada noda/bercak kekuningan pada ujung sayapnya. 
  2. Anis merah yang memiliki noda/bercak kekuningan tidak selalu betina, namun presentasenya sangat kecil kurang dari 5%. Jadi sebaiknya pilih Anis Merah trotol yang tidak ada noda/bercak kekuningan.
  3. Anakan Anis merah yang ngecir/ngeper (ngeleper) tidak selalu betina, karena ini adalah perilaku wajar Anis merah anakan.
  4. Anis merah yang sudah dewasa atau semua bulunya sudah merah tidak bisa dibedakan dari fisik secara akurat, kecuali jika kita lakukan dengan cara teknologi yang ada. Yaitu dengan alat rontgen 3 dimensi.

Anis Merah Trotol

Sayap Trotol Anis Merah Betina

Sayap Trotol Anis Merah Jantan


  • Bercak/noda kekuningan akan nampak (betina) sampai dengan helai ke-5 sayap terdalam.
  • Untuk kasus Anis merah diatas bercak kekuningan terlihat pada helai ke-1 dan ke-2.
  • Beberapa kasus di lapangan bulu tersebut dengan sengaja dihilangkan (alasan rontok).
  • Ada beberapa kasus pula dengan disemir, bisa di check dengan air.
  • Warna kekuningan akan bisa terlihat dengan bantuan cahaya matahari.
Sekian untuk perbedan bahan trotolan Anis Merah Jantan dan Betina. Terimakasih semoga bermanfaat.


Tetap jadikan Koran Burung inspirasi Kicau Mania Indonesia.


Artikel Koran Burung Lainnya :

1 komentar:

  1. Trotol pun secara langsung lihat fisik susah ya gan,,,klo udah ngidang2 walau trotol blm jaminan jangan brarti

    BalasHapus

Copyright © 2018 Koran Burung | Design by Koran Burung