Media Masyarakat Tentang Pengenalan Informasi Seputar Burung Kicau, Atau Hewan Peliharaan Dalam Perawatan, Penangkaran, dan Penyembuhan Penyakit.

Mengenal Burung Cenderawasih Kuning Besar

Artikel terkait : Mengenal Burung Cenderawasih Kuning Besar

Cenderawasih Kuning Besar
Ada satu jenis burung Cenderawasih yang paling terkenal, masuk dalam genus Paradisaea. Salah satunya adalah Cenderawasih Kuning-besar atau Paradiseaea apoda. Jenis ini merupakan spesimen yang disiapkan oleh pedagang pribumi untuk dibawa ke Eropa pada jaman dahulu. Konon pedagang pribumi terlebih dahulu membuang sayap dan kakinya agar dapat dijadikan hiasan. Namun, hal itu tidak diketahui oleh para penjelajah dan menimbulkan kepercayaan bahwa burung ini tidak pernah mendarat. Inilah asal mula kenapa Cenderawasih dijuluki sebagai Bird of Paradise atau burung surga oleh orang Inggris dan sekitarnya.

Cenderawasih Kuning Besar Jantan dan Betina
Cenderawasih Kuning Besar berukuran besar, sepanjang sekitar 43 cm, yang jantan berwarna coklat marun dan bermahkota kuning. Tenggorokannya berwarna hijau zamrud dan bantalan dadanya cokelat kehitaman, dihiasi bulu-bulu panggul yang besar warna kuning seperti juntaian padi siap dipanen, dan punya sepasang ekor kawat yang panjang. Burung betina berbulu cokelat marun tak bergaris. Jika ingin melihat burung cantik ini, anda bisa mencari mereka di Indonesia bagian timur. Cendrawasih kuning besar merupakan burung pemakan biji-bijian dan serangga kecil yang biasa di temukan di batang-batang pohon, sang Jantan sering terdengar bernyanyi untuk memancing betina datang, kemudian dia akan melompat menari - nari mengembangkan sayap untuk menggoda betina.

Burung Cenderawasih kuning-besar tersebar di hutan dataran rendah dan bukit di barat daya pulau Papua dan pulau Aru, Indonesia. Cenderawasih kuning-besar dievaluasi masuk daftar binatang terancam punah pada IUCN Red List.
IUCN Red List, atau dikenal juga dengan Red Data List, pertama kali digagas pada tahun 1964 untuk menetapkan standar daftar spesies, dan upaya penilaian konservasinya. IUCN Red List bertujuan memberi informasi, dan analisis mengenai status, tren, dan ancaman terhadap spesies untuk memberitahukan, dan mempercepat tindakan dalam upaya konservasi keanekaragaman hayati.

Mungkin ini saja tautan ulasan tentang Burung Cenderawasih Kuning Besar.
Semoga Bermanfaat.
Tetap jadikan Koran Burung inspirasi Kicau Mania Indonesia.

Artikel Koran Burung Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 Koran Burung | Design by Koran Burung