Media Masyarakat Tentang Pengenalan Informasi Seputar Burung Kicau, Atau Hewan Peliharaan Dalam Perawatan, Penangkaran, dan Penyembuhan Penyakit.

Tentang Sugar Glider Dan Hibernasi/Tidur Selama Waktu Tertentu Pada Musim Dingin

Artikel terkait : Tentang Sugar Glider Dan Hibernasi/Tidur Selama Waktu Tertentu Pada Musim Dingin

Sugar Glider Dan Hibernasi atau Hibernation in Sugar Glider.
Kami mau menjelaskan tentang Sugar Glider yg mengalami hibernasi. 
Apakah hibernasi itu? Adalah masa atau periode binatang yg dalam waktu tertentu, akan bersembunyi didalam ruangan atau tempat yang hangat untuk tidur. Tidak Akan mencari makan atau minum. Dan hibernasi hanya terjadi dimana habitat dengan climate/cuaca yang mengalami musim dingin atau suhu udara yang dibawah 10 derajat celsius.

Sugar Glider Koloni Hibernasi
Apakah Sugar Glider mengalami Hibernasi? 
Sugar Glider mengalami hibernasi yang hanya pada habitat aslinya, dan hanya terjadi di Australia.
Disaat Australia mengalami musim dingin, antara bulan mei - september saat itu lah Sugar Glider berhibernasi didalam koloninya masing - masing. Mereka akan tidur menggulung seperti bola dan saling bertumpuk satu dengan yang lain. akan tetapi seperti yang dijelaskan diatas, hanya terjadi di alam habitatnya dibagian Australia yang mengalami 4 musim cuaca. Apabila didalam captivity /memelihara indoor atau dalam rumah, walaupun di musim dingin seperti yang berada di Amerika, atau negara yang mengalami musim dingin, mereka tidak berhibernasi, karena perawatan didalam rumah tidak mengalami siklus yang alami.

Apakah Sugar Glider berhibernasi di Indonesia? Atau yang asal nya dari Papua.
Sugar Glider yang berasal dari Indonesia, tidak akan pernah mengalami hibernasi, karena secara penjelasan pada umumnya, hibernasi terjadi berdasarkan musim yang terjadi musim dingin dihabitat aslinya. Penulis pribadi pernah memelihara dan membreeding Tiliqua Intermedia / Kadal Panana atau Kadal lidah biru yang spesies brasal dari Australia, yang mana begitu dibreeding di Malaysia, tidak mengalamai hibernasi. Artinya di istilah membreeding, mereka tidak akan kawin disaat musim dingin. Tapi di Australia mereka mengalami hibernasi pada saat musim dingin.
Jadi tidak ada istilah sugar glider hibernasi di Indonesia, karena yang mana hanya mempunyai 2 musim, yg temperature tidak mencukupi untuk mereka hibernasi.
Jika Sugar Glider anda terlihat tanda - tanda terlalu banyak tidur atau lethargic/terlihat cape sekali, harap di pantau lebih dekat, kemungkinan ada gejala lain yg menyebabkan mereka tidak seperti biasanya. Hibernasi pun bukan cuma tidur sehari dua harian, tapi tidur selama musim dingin tersebut.

Artikel Koran Burung Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 Koran Burung | Design by Koran Burung