Media Masyarakat Tentang Pengenalan Informasi Seputar Burung Kicau, Atau Hewan Peliharaan Dalam Perawatan, Penangkaran, dan Penyembuhan Penyakit.

Cara Memilih, Merawat, Dan Kendala Lovebird Kekek-an Dari Paud Sampai Kontesan

Artikel terkait : Cara Memilih, Merawat, Dan Kendala Lovebird Kekek-an Dari Paud Sampai Kontesan

Burung Lovebird hingga sampai detik ini sangat diburu para Kicau Mania, bukan hanya karena warnanya yang bagus-bagus melainkan juga karena suaranya yang menjadi daya tarik sendiri. Lovebird yang suka bersuara atau yang biasanya disebut ngekek akan naik harga jualnya daripada lovebird yang hanya mengandalkan warna. Untuk itu koran burung akan memberikan sedikit artikel dari rangkuman pengorbit lovebird kekek-an berpengalaman dalam mengungkap lovebird kekekan from zero to hero. (Baca juga: Perbedaan Warna Lovebird Biru Cobalt, Biru Mangsi, Violet SF, Violet DF, Violet DDF)

Perawatan Lovebird Agar Ngekek Panjang
1. PEMILIHAN BAHAN
Pada poin ini adalah poin yang paling menentukan di sisi awal kita memasuki dunia kekek-an ada beberapa hal yang digaris bawahi :

Katuranggan
Biasanya dari sisi tubuh kita bisa lihat klo usia yang sudah mapan kelihatan mata sipit, pandangan mata tajam, body proporsional kepala berbentuk tegas, leher besar dan panjang, bulu halus dan rapi kaki kokoh proporsional. Tapi dari itu semua banyak di temui gaco yang sama sekali nggak memiliki katuranggan yang kami sebut itu memiliki bakat yang bagus , jadi tidak harus LB dengan katuranggan bagus bisa ngekek bagus. (Baca juga: Ciri Anakan Lovebird Prospek Lomba Yang Bisa Ngekek Panjang)

Karakter
Untuk karakter biasanya secara umum biasanya org mempunyai selera masing2 sesuai dengan pengalaman masing-masing, tapi secara umum bisa kami gambarkan sebagai berikut, latah, dan fighter, ketiganya mempunyai peminat masing-masing, untuk suara biasanya banyak yang menyukai suara kasar, tebal dan panjang , lagu untuk lagu dan atau cengkok juga ada beberapa selera sebut saja ada yang suka rapat, ada yang suka agak jarang ada juga yang suka perpaduan keduanya, secara umumbiasanya akan menyesuaikan dengan isian masing-masing kayak jenggot, kenari, cililin tapi kadang juga ada yang menyukai original Lovebird termasuk kami hehehe. Nah untuk pemilihan bahan anda bisa pilih opsi yang menurut kami lebih efektif yaitu dengan cara beli jadi tapi hal ini biasanya lumayan mahal.

Beli bahan trah kekek-an
Yang sudah terbukti anakan sebelumnya bagus bagus, ini juga lumayan mahal.

Memilah bahan dari ombyok an di pasar
Tapi ini membutuhkan keahlian dan jam terbang lumayan tinggi supaya dapat yang bagus.

Mensortir dari ternakan umum 
Nah ini juga sama dengan poin sebelumnya butuh keahlian sebagai catatan bahan bagus pun klo rawatannya gak tepat dan gak konsisten maka hasilnya gak akan bisa diharapkan bisa maksimal, kadang ada juga kondisi fisik yang sama sekali gak masuk katuranggannya tapi potensi ngekeknya bagus juga bisa kita pakai. (Baca juga: Cara Memilih Lovebird Paud Yang Prospek Ngekek Panjang)

Perawatan Anakan Lovebird Agar Ngekek Panjang
2. PERAWATAN LOVEBIRD KEKEK-AN
A. RAWATAN ANAKAN
Pada start awal ada 2 macam cara rawatan awal di kekek an  yaitu lolohan induk dan lolohan tuannya alias HF, nah silahkan di sesuaikan dengan kebutuhan dan selera masing-masing karena keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing tapi keduanya udah terbukti bisa moncer dan gak perlu di perdebatkan semua tergantung selera dan kesempatannya. Setelah makan sendiri ada 2 pilihan untuk persiapan menjadikan kekek an, yaitu :
  • Melatih sejak dini. Untuk melatih sejak dini biasanya dari mulai bisa makan miled udah di persiapkan dengan gizi yang berimbang dan pembelajaran latihan fisik yaitu mandi dan jemur secara bertahap juga pemasteran di sesuaikan dengan selera masing-masing, biasanya sampai dengan usia 2,5bln anakan di kasih gizi yang sebaik mungkin setelah itu baru mulai di seting pola makan, mandi dan juga penjemurannya secara bertahap.
  • Melatih setelah bulu anakan berganti. Hal ini juga banyak dilakukan oleh para pecinta kekek an karena dianggap fisik dan mental udah siap untuk dilatih, jadi sebelum ganti bulu anakan tersebut ada yang menggunakan sistim koloni ada pula yang sudah langsung di masukkan sangkar harian cuma belum di latih sampai tiba saatnya, untuk pelatihan fisik dan pemasteran pun di lakukan bertahap dan tentunya pemasteran pun dilakukan pada tahap2 awal, setelah on atau sudah ngekek 8 sampai dengan 12 detik baiknya dihentikan pemasteran hal ini biar sifat fighter bawaannya muncul, yang perlu di lakukan adalah pelatihan fisik serta seting pakannya aja ntar dengan sendirinya ngekek panjang sesuai bakatnya akan muncul dengan sendirinya.

B. RAWATAN SIAPAN
Memasuki masa mendekati lomba maka perlu di siapkan mental dan fisik serta suara nah akan kami rangkum berbagai pola makan, cara mandi jemur serta persiapan lainnya. (Baca juga: Cara Paling Tepat Menentukan Jenis Kelamin Lovebird Anakan Dan Dewasa)

Pola makan
Ada beberapa cara pemberian pakan pada gaco kekek-an dari para suhu yang kami rekam selama ini sesuai dengan pengalaman dan semua sudah terbukti silahkan di pilih sendiri nantinya maaf kita sepakati aja ya klo hari minggu adalah hari di gantang kekek-annya ntar kalau bukan hari minggu di sesuaikan aja ya.
  • Harian miled putih aja, hari selasa dan kamis di tambah kangkung, sabtu di tambah jagung sekerat kurang lebih 4cm dan pakan pabrikan yang berbahan dasar telur dan susu serta madu , minggu plus jagung dan kangkung.
  • Harian miled putih campur kenari seed dan miled merah serta biji lainnya ,jagung seminggu 2x kangkung 2x berselang seling, saat hari minggu kangkung dan jagung full
  • Harian miled putih aja tanpa tambahan apapun, sabtu kwaci 4 biji, minggu kwaci full di tambah jagung dan kangkung.
  • Ada juga yang setingannya setiap hari miled campur  plus jagung dan kangkung , akan tetapi pengaturan jagung dan kangkungnya di atur sehingga cuma sedikit banget hanya sesuai dengan kebutuhannya.
Nah silahkan di pilih sendiri sesuai selera atau kalau ada yang lain monggo di tambahkan sebagai catatan kadang ada gaco tertentu yang bisa moncer terus meski tanpa EF nah hal itu adalah pengecualian dan di situlah kita harus mengetahui persis gaco kita spy bisa maksimal tampilnya saat di gantang, bahkan kadang di saat tertentu kita harus paham betul kondisis gaco kita sehingga beda waktu beda penanganan menjelang lomba

Pemberian vitamin
Pemberian vitamin sebaiknya berhati hati dengan dosis serta waktunya karena akan fatal bila berlebih, ada baiknya ikuti aturan pakainya dan pemberian baiknya di berikan seminggu atau 2 mggu sekali aja kecuali cuaca lagi ekstrim atau lagi kurang vit gaco anda, makapembarian vitamin menyesuaikan dengan kebutuhannya.

Pola mandi jemur
Pola mandi ini biasanya menyesuaikan dengan kebutuhan dan kesempatan si perawat, bisa kami gambarkan beberapa cara mandi dan jemur sebagai berikut.

Mandi semprot
Pada mandi semprot pun ada beberapa pola yaitu ada yang menyemprotnya cuma sekali, ada yang 2x bahkan ada yang sampai 4x hal ini menyesuaikan dengan kondisi lb itu sendiri untuk yang masih baru mulai di rawat biasanya mandi jemurnya dengan kapasitas yang rendah asal basah dan jemurnya juga cuma sebentar secara bertahap di tingkatkan sd penjemuran 4jam hal ini tentunya sesuai dengan pengalaman masing2 juga disesuaikan dengan karakter gacoan kita, sebagai acuan bila gaco kita mudah birahi maka penjemurannya minim sementara yang agak sulit birahinya maka penjemurannya lebih lamatehnik penyemprotansebaiknya penyemprotan jangan di paksakan ada baiknya kita mulai penyemprotan bagian tubuh yang di rasa nyaman oleh LB bisa bagian punggung, perut, kaki ataupun ekor dan perlahan-lahan berpindah ke bagian lain sampai merata ke seluruh tubuh gaco kita. Yang perlu di perhatikan adalah jangan sampai pada saat penyemprotan air masuk ke lobang hidung dan telinga dengan daya semprot yang tinggi karena akan berakibat snot atau bisa juga gaco kita menjadi trauma terhadap proses mandi semprot.

Mandi sendiri
Ada juga yang menyiapkan keramba atau cepuk dan di masukkan ke dalam sangkar sehingga gaco mandi sendiri. penjemurannya pun bervariasi minimal lovebird membuka mulut sd 4 jam itu juga disesuaikan dengan kondisi dan selera masing-masing.

Mandi malam
Mandi malam adalah salah satu upaya yang di lakukan untuk melatih fisik serta menjaga agar birahi nggak meledak ledak sehingga gaco bisa OB, ada baiknya klo melakukan mandi malam di lakukan dengan melihat kondisi gaco kita , bila masih belum pernah di mandikan di malam hari baiknya di lakukan bertahap mulai dari mandi asal basah, mandi basah sd basah kuyup ada baiknya masing2 tahapan di lakukan selama 3 hari, juka kondisi gaco sedang gak fit baiknya jgn di lakukan mandi malam.
mandi jemurbiasanya di lakukan pada perawatan harian saja dan untuk h-1 serta hari h biasanya gak di mandikan, tapi kadang juga ada yang gaconya OB tapi di paksakan untuk di gantang biasanya juga di mandikan asal basah sebelum berangkat ke lokasi gantangan atau 2 jam sebelum di gantang.

Penjemuran
Penjemuran di sesuaikan dengan kondisi fisik serta karakternya, untuk tahap awal baiknya dilakukan secara bertahap di mulai dari membuka mulut sd 3,5 jam. Penambahan jemuran secara bertahap tiap 3 hari bisa di tambah 10 menit, untuk gaco yang lama non aktif maka penjemuran bertahap saat kembali di rawat setidaknya 2mgu sehingga kembali seperti seting jemur spt saat aktif sebelumnya.

Supaya bisa ngekek panjang
Idaman pemain lovebird kekek-an adalah agar bisa ngekek panjang gaconya, nah untuk hal ini menurut para suhu yang pernah tak rekam adalah sebagai berikut :

- karakter
Ini ada hubungannya dengan genetis bawaan keturunan, proporsi bentuk tubuh jadi gak bisa kita robah sedemikian rupa jika karakternya adalah bakat  ngekek pendek di rubah panjang bisanya cuma menambah sedikit durasinya.

- bentukan/pelatihan
Untuk melatih biar bisa ngekek panjang ini kita butuh tahu garis keturunan meskipun gak semua ngekek panjang anaknya juga pasti panjang, untuk menjadikan ngekek panjang maka sejak kecil di latih mandi jemur sesuai karakter gaco serta di masteri dengan kekek an atau suara burung lain yang rol panjang kayak kenari dsbg, untuk pemasteran baiknya dengan suara yang tdk mengganggu atau bisa di bilang asal si bakal gacokita mendengar aja nah untuk waktunya adalah paling bagus klo  sedang istirahat atau lagi tidur bisa siang ataupun malam hari, setelah on atau sudah ngekek 8 sd 12 dtk baiknya dihentikan pemasteran hal ini biar sifat fighter bawaannya muncul, yang perlu di lakukan adalah pelatihan fisik serta seting pakannya aja ntar dengan sendirinya ngekek panjang sesuai bakatnya akan muncul dengan sendirinya.

- melatih mental
Ada beberapa cara untuk melatih mental yaitu :
  • Dengan menaruh calon gaco dimana banyak orang berlalu lalang, cara ini diharapkan nantinya kalau di gantang sudah bisa kerja dengan tanpa takut pada juri lomba.
  • Membawa ke arena gantangan, meski gak di ikutkan lombacara ini kebanyakan sangat efektif dimana calon gaco kita akan terbiasa dengan suasana lomba, caranya setelah tiba di lokasi gantangan  buka aja krodong dan taruh di dekat pedock/tenda gantangan dimana nantinya akan banyak org teriak dan itulah moment dimana calon gaco kita mengenal secara benar situasi saat lomba, perhatikan sampai calon gaco kita mau ngekek di keramaian itu baru di sertakan lomba, biasanya 2 atau 3x pengenalan spt ini baru bisa adaptasi dengan baik, lakukan hal ini mulai datang sampai saatnya pulang.
  • Menaruh di tempat rendah, setelah proses penjemuran di biasakan di taruh tempat yang rendah atau di lantai di mana sering ada aktivitas keluarga sehingga di harapkan saat lomba gaco kita tidak takut melihat banyak org yang menonton.
  • Membiasakan ketemu dengan gaco lain, caranya biasakan gaco kita bertemu dengan gaco yang lain sesaat setelah proses penjemuran tapi sebisa mungkin dengan jarak seperti saat kita gantang dan sebisa mungkin kita buat seperti di arena yaitu bergantung dengan jarak sekitar 1,2m hal ini kita lakukan hanya sampai setelah gaco makan dan minum, biasanya akan ngekek nah setelah ngekek 2x atau 3x baiknya kita angkat dan kita kerodong atau kalau memang seting siang gak pakai kerodong ya kita pisahkan supaya tidak saling lihat lagi.

Perawatan Lovebird Agar Ngekek Panjang
3. RAWATAN PASCA LOMBA
Rawatan pasca lomba ada beberapa macam di antaranya ada yang begitu turun dari gantangan kalau esoknya gak mau di bawa lomba lagi maka gaco akan di semprot, hal ini di percaya bisa menurunkan OB selesai lomba, penyemprotan ini kadang juga di lakukan setelah sampai rumah setelah itu langsung di krodong, ada juga yang cuma di stop EFnya aja begitu turun gantangan dan besoknya udah langsung di pakai seting pakan harian, ada juga yang di trek setelah turun lomba sampai si gaco bosan bunyi, hal ini juga di percaya bisa nurunin OB pasca lomba.

4. MENANGANI LOVEBIRD OB( OVER BIRAHI )
Menangani OB ini memang kendala tersendiri kalau pingin gaconya bisa selama mungkin dipakai main di gantangan, tanda-tanda birahi antara lain ngapal/ngeper/sayap di bentang spt pesawat, gigitin tangkringan, gigitin jeruji sangkar, ngekek sambil ngeruji padahal biasanya nggak gitu, gaco sering naik turun dsb, OB secara umum hanya bisa terjadi pada LB mulai bulu halus lepas(nyulam), klo pun di usia muda kok terjadi hal tsb itu hanyalah over agresif yang biasanya kebanyakan EF atau mungkin mentalnya belum stabil, nah  ada beberapa cara dlm menangai OB yang selama ini udah di praktekkan oleh para suhu kekek-an yaitu :
  1. Dengan memberikan makanan tertentu, antara lain tulang daun sawi hijau, tulang daun sawi putih, dan buah melon serta daging buah ketimun.
  2. Dengan memandikan gaco kita, Ada yang pkai mandi malam, ada juga siangnya mandi tanpa jemur, ada juga yang mandinya sd 4x sebelum di jemur.
  3. Dengan menempel lawan jenis, menempel lawan jenis sd habis birahinya biasanya makan waktu cukup lama ada yang 2jam udah habis ada juga yang sd sehari.
  4. Tehnik puasa, yaitu pagi mandi jemur spt biasa pakan di lepas, selesai jemur tdk di kasih makan minum kurang lebih selama 4jam lagi jadi total sekitar 6 sd 7 jam tanpa makan minum selama 3 hari berturut turut setelah itu rawatan seperti biasa.
  5. Mandi air es, mandi air es bisa dilakukan dengan komposisi 20% air es dan 80% air biasa, caranya mandikan gaco yang OB sampai diam atau menggigil langsung hentikan dan jemur, untuk therapy ini harap di pastikan kondisi fisik sedang prima dan pastikan juga cuaca sedang cerah serta suhu udara sekitar sudah hangat sekitar jam 8 sd jam 9 pagi sehingga nggak sampai dehidrasi sebab klo sampai dehidrasi maka akibatnya akan fatal bisa mengakibatkan kematian, untuk therapi ini baiknya dilakukan cukup sehari 1x saja dan gak di mandikan lagi setelah nya di hari itu, kalau 1x blm turun juga besoknya boleh di lakukan lagi tapi harap di perhatikan bener kondisi fisiknya dan satu lagi saran kami baiknya di rubah seting pakannya terutama EF nya biar gak gampang OB lagi.
  6. Menggunakan menu makan miled merah, campuran ransum pakan diganti hanya dengan miled merah 2 hari setelah itu, miled putih 60% dan miled merah 40% selama seminggu dan lanjutkan dengan komposisi miled putih 90% dan miled merah 10% selama 1mggu, selama 2 minggu tsb jangan kasih EF apapun.
Nah bila cara-cara di atas juga masih tidak efektif maka jurus terakhir adalah dengan jalan memasukkan ke kandang biar product, nantinya setelah product biasanya birahi akan stabilnah bila OB sudah teratasi sebaiknya di koreksi kembali ransum serta EF sehingga gaco tidak kembali OB karena bila sering OB maka biasanya bulu halus akan tanggal dan bila terus menerus OB maka kadang ada yang suka mencabut bulunya sendiri atau bisa-bisa akan rontok bulu yang berkepanjangan.

Sedikit catatan bila gaco ngekek dalam kondisi prima adalah sbb;
Gaco LB yang di anggap pas secara fisik, mental serta birahinya bisa kita lihat saat kita buka kerodong dia akan menunjukkan sikap waspada bulu merapat ke badan warna cerah dan halus rapi, kami mengapit, menampakkan sikap waspada serta beberapa saat setelah nya akan narik pendek kemudian di lanjut ngekek panjang sesuai kemampuannya, dan jika di dekatkan sama LB lain maka dia tidak gelisah serta berusaha mengejar arah LB lain tsb melainkan mengambil posisi siaga serta bersiap untuk ngekek, sejurus kemudian dia ngekek dengan tenang.

Perawatan Lovebird Biola Agar Ngekek Panjang
5. KENDALA KEKEK-AN
Berbagai kendala di dunia kekek an adalah salah satu yang terberat dalam memelihara kekek an antara lain di rumah gacor di gantangan diam aja, waktu sebelum lomba gacor banget tapi saat di atas gantangan gak kerja, waktu di gantang gak bisa rajin ngekek, di bawah panajang di gantangan pendek-pendek, waktu di gantang ngeper melulu, waktu bunyi sambil buka kami , di gantang cuma lompat plus ngrayap aja, yang terakhir udah kerja bagus malah gak moncer, gaco gak bisa ngekek panjang dan sebagainyalah kita kupas satu persatu permasalahan ini sehingga kedepan gaco kita bisa moncer atau setidaknya mau kerja bagus di atas gantangan.

Di rumah gacor di gantangan diam
Perlu kita ketahui bahwasannya lovebird adalah bukan type petarung murni ini bisa kita lihat dengan pola hidupnya yang berkelompok hingga ratusan jumlahnya, nah lovebird hanya akan tumbuh figthernya ketika mempertahankan tempat tinggalnya ketika berkembang biak ini artinya fighter nya akan muncul ketika birahinya naik akan tetapi harus di waspadai adalah karakter fighternya akan diiringi bunyi ngekek ketika awal birahi nah dari situ kita menyiapkan sedemikian rupa supanya gaco kita bisa ngekek dengan maksimal dan tentunya kita harus memilih gaco dengan syarat utama si kekek-an tsb mempunyai fighter yang bagus.

Sebelum lomba gacor saat di gantang males malesan
Hal ini yang paling sering terjadi dengan kekek an ,hal ini terjadi karena kesalahan persiapan atau pola rawatan kita, untuk membuat performa di atas gantangan bisa bagus, kita harus tahu karakter kekek an kita secara detail yaitu timing dimana mut performa gaco kita nanjak, pemberian EF bisa kita seting sesuai pengalaman dengan kekekan kita berapa lama setelah EF yang biasanya di berikan akan membuat gacor nah di situlah kuncinya, kebiasaan di trek tempel juga akan membuat gaco gakmau kerja klo di gantang karena tidak serapat waktu biasanya di trek, perlu di biasakan mengetrek gaco kita dengan jarak spt waktu di gantangin  jadi hal ini akan membuat gaco kita terbiasa dengan kondisi sptdi lapangan.

Waktu ngekek sambil buka sayap
Membuka sayap saat ngekek atau kadang di sebut ngepak sangat membuang energi gaco kita akanya kadang suaranya pelan, ngekeknya pun gak bisa panjangdan suaranya jadi pelan. Ada 2 hal yang membuat hal ini terjadi, pertama karakter, ke dua yaitu fighternya ok tapi fisiknya kurang fit. Nah untuk untuk yang karakter biasanya hanya bisa di kurangi tapi gak bisa di hilangkan, caranya dengan durasi mandi jemur di tambah, untuk yang bukan karakter maka perlu di persiapkan latihan fisik dan nutrisi yang berimbang sesuai kebutuhan serta karakternya.

Waktu di gantang ngeper/ngapal/minta kawin
Nah hal ini berarti seting diet yang kita lakukan thd gaco kita terlalu over sehingga minta kawin atau bisa di bilang OB se saat cara nanganinnya dengan meng evaluasi kembali baik EF maupun latihan fisiknya.

Di gantang cuma lompat lompat dan ngerayap
Hal ini ada beberapa hal yang perlu di garis bawahi yaitu mental yang kurang siap  hal ini banyak terjadi pada usia muda atau bisa juga terjadi pada gaco yang kurang adaptasi gantangan alias gak pede, yang ke 2 adalah lagi OB paten. Nah untuk penanganan OB bisa di lihat pada penanganan OB, hal lain ada beberapa lagi misalnya penggantian sangkar yang membuat gaco perlu adaptasi hal ini perlu kita waspadai dengan cara mengganti sangkar atau tebok jauh hari sebelum di lombakan, mengganti baik posisi maupun tangkringan itu sendiri juga bisa berakibat si gaco tidak nyaman , ada baiknya tangkringan kita perhatikan dengan seksama apakah itu sudah nyaman apa belum , beberapa hal yang bisa kita pakai acuan adalah kondisi besar cengkeraman si gaco hal ini secara umum bisa kita ukur ujung kuku dari jari kaki plus + - 3mm , apabila gaco memiliki kaki yang tidak normal bisa di siasati sesuai kondisinya misalnya, kami pernah lihat gaco yang cuma punya jari hanya di satu kaki sementara kaki satunya putus telapak kakinya dan di siasati dengan cara memberikan tangkringan yang rata bagian atasnya sehingga kaki satunya pun bisa menopang tubuh dan beberapa kali pun bisa moncer , untuk gaco yang suka gigitin tangkringan bisa di siasati dengan memberikan tangkringan menggunakan kayu yang cenderung keras sehingga si gaco tidak akan bisa menggigitin tangkringan, untuk gaco yang kadang suka ngeruji bisa diakali dengan tangkringan ganda.

Udah kerja bagus tapi gak moncer
Hal ini banyak faktor yang mempengarui  yaitu karakter volume suara yang kurang, durasinya kalah sama yang lain, karakter vokal yang kurang menonjol untuk yang ini bisa kita latih sejak dini dengan memasteri gaco kita dengan suara-suara yang karakternya kasar, nah yang terakhir adalah kalah sama juri alias.... Hmmmmmm gak usah di bahas lagi kalau yang ini, cara mengatasinya tinggal dengan sandal terbang tuh.... Hehehehe.

Perawatan Lovebird Kusumo Agar Ngekek Panjang
6. MELATIH KEKEK AN JANTAN 
Sedikit bocoran dari suhu kekek an jantan, kalau  untuk perawatan harian LB jantan. Pakan harian milet putih, seminggu sekali kasih jagung, buka krodong angin-anginkan sebentar setelah itu dimandikan, jemur lebih lama dari LB betina, Setelah itu di pindahin  tempat teduh angin-anginkan sebentar lalu di krodong. Kalau keliatan OB dibalik saja, jemur dulu setelah  dijemur diangin-anginkan baru dimandikan. Setelah bulu kepala udah kering tapi bulu dada dan sayap masih agak basah Lovebird jantan dikrodong. Untuk  LB jantan sehabis lomba di mandikan sampai basah kuyup. Paginya dijemur 20 menit terus dimandikan, lalu diangin-anginkan, bulu setengah kering dikrodong. Pakan full milet putih tanpa EF. (Baca juga: Settingan Untuk Membuat Lovebird Jantan Menjadi Fighter)

7. MENANGANI GACO LAGI MABUNG/GANTI BULU
Bila gaco lagi mabung/ganti bulu maka bisa di pastikan performa gaco kita akan menurun hal ini akan berbanding lurus dengan jumlah bulu yang lepas jika cuma sedikit maka hal ini bisa di abaikan karena tdk terlalu mengganggu akan tetapi sebagian org kadang akan me-nonaktifkan kegiatan ngekek, juga pelatihan fisiknya, sebagai gambaran aja untuk menangani gaco bila lagi mabung dengan jumlah sedikit bulu yang tanggal yaitu tetep bisa mandi jemur tapi intensitasnya di kurangi sedemikian rupa di sesuaikan dengan kondisinya misalkan mandinya hanya asal basah demikian pula penjemurannya juga begitu kering langsung di angkat, akan tetapi bila mabungnya banyak maka memang harus di hentikan total proses pelatihan fisiknya bila memungkinkan bisa dengan di pakai sebagai indukan sementara alias biar punya anak. Lumayan masih bisa menghasilkan anakan yang nantinya bisa kita pakai sebagai bahan ngekek selanjutnya. Tapi kadang ada juga yang hanya di istirahatkan total mandi jemur hanya seminggu sekali asal basah dan jemurnya pun hanya sebentar saja untuk menjaga kesehatannya. (Baca juga: Cara Memaster Lovebird Agar Ngekeknya Lebih Bervariasi).

Catatan: bila menangani pasca mabung, lama non aktif, habis product, anakan serta calon gaco yang belum pernah di latih fisik baiknya pelatihan di lakukan secara bertahap antara 2 minggu sd 1 bulan.

Semoga bermanfaat.
Tetap jadikan Koran Burung inspirasi Kicau Mania Indonesia.

Artikel Koran Burung Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 Koran Burung | Design by Koran Burung