Media Masyarakat Tentang Pengenalan Informasi Seputar Burung Kicau, Atau Hewan Peliharaan Dalam Perawatan, Penangkaran, dan Penyembuhan Penyakit.

Cara Paling Tepat Membedakan Burung Pleci Jantan Dan Betina Lengkap Dengan Gambar

Artikel terkait : Cara Paling Tepat Membedakan Burung Pleci Jantan Dan Betina Lengkap Dengan Gambar

Seringkali kita salah menentukan mana burung Pleci jantan dan mana burung Pleci betina, ketika kita rawat dalam kurun waktu lama tak kunjung ngeriwik ternyata betina, ketika kita menjodohkan untuk diternak tetapi tak kunjung bertelur ternyata jantan vs jantan. (Baca Juga: Bagaimana Tahapan Menampilkan Pleci Agar Juara Kontes)

Hal ini bisa kita siasati sekarang dengan metode baru oleh koran burung, ada juga metode lama seperti melihat dari tebal tipis  warna putih kacamata pleci tetapi hal ini sangat tidak akurat karena banyak juga pleci betina yang kacamatanya tebal. Adapun dengan paruh, pleci jantan dan betina paruhnya relatif ada yang panjang dan pendek, metode lainnya seperti, bentuk ekor ada yang bilang bentuk V jantan dan yang U betina, kepala pleci jantan besar sedang betina kecil ini juga masih ambigu, jadi tidak bisa jadi patokan sexing pleci.

Berikut dibahas cara tepat sexing pleci dengan keterangan lengkap di gambar :
Burung Pleci Jantan Vs Betina 
Bentuk Vent Pleci Jantan
Bentuk Vent Pleci Betina
Perhatikan Gambar Diatas (Obyek Foto Pleci Jantan & Betina Umur +/- 3 Bulan )

Ciri Pleci Jantan :
  • Burung pleci jantan memiliki garis hitam yang tegas di atas paruh.  
  • Warna kuning pada muka pleci jantan lebih terang dan tegas.
  • Warna hijau zaitun pada pleci jantan lebih terang.
  • Vent menonjol keluar searah kaki pleci, semakin bertambah dewasa semakin besar vent pleci jantan.

Ciri Pleci Betina :
  • Burung pleci betina memiliki garis hitam yang kusam hampir tidak terlihat di atas paruh.  
  • Warna kuning pada muka pleci betina lebih kusam dibanding jantan.
  • Warna hijau zaitun pada pleci betina lebih kusam.
  • Vent lebih kecil searah dengan ekor pleci.
Berikut Gambaran Sederhana Tentang Vent Pleci Agar lebih mudah dimengerti rekan Pleci Mania:
Gambaran Bentuk Vent/Dubur Pleci Jantan

Gambaran Bentuk Vent/Dubur Pleci Betina
Penentuan jenis kelamin melalui vent sifatnya hanya "Prediksi" tidak bisa yakin 100%, ini karena bentuk vent tsb tdk selalu mirip atau persis dengan teorinya.
Hal ini bisa terjadi kalau :
  • Burung muda belum birahi, Burung belum birahi tentunya bentuk vent nya belum mengembang atau tampak jelas seperti gambar. Kadang bisa menipu.
  • Burung Takut, Dalam kondisi takut (umumnya burung ombyokan) menjadikan badan akan menegang, ini juga bisa terjadi pada vent, terutma saat burung dipegang, krn itu dibuat rileks dulu.
  • Burung kegemukan, Perut yg besar/membesar akan secara otomatis menarik Pangkal vent yg berhubungan langsung dg perut.
Banyak yang mengatakan jantan vent nya menonjol, ini pernyataan belum tentu benar, semua vent pleci ya menonjol, hanya beda bentuknya dan Posisinya, Jantan posisinya cenderung tegak terhadap Perut, betina cenderung rebah sejajar dg perut. Gambar memang dibuat ekstrim supaya ada bayangan jelas, padahal dalam kenyataannya hanya burung dewasa dan sudah birahi yg akan nampak jelas seperti itu.

Ada juga teori lain dari Pleci Mania, kalau di tiup vent nya kembut-kembut (lubang vent nya gerak-gerak) itu biasanya betina dan kalau diam berkali-kali di tiup gak kembut-kembut berarti jantan, dan kalau betina sudah brai(birahi) full, frekuensinya kembut-kembutnya lebih cepat.

Itulah metode membedakan sexing perci jantan dan betina, semoga bisa menjadi acuan ketika kita mengombyok pleci yang tepat, silahkan simpan gambar diatas pada ponsel/handphone. Jika ingin betina dapat betina, jika ingin jantan dapat yang jantan. (Baca Juga: Tips Pemilihan Pleci Dalam Kandang Ombyokan)

Semoga bermanfaat.
Tetap jadikan Koran Burung inspirasi Kicau Mania Indonesia.

Artikel Koran Burung Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 Koran Burung | Design by Koran Burung