Media Masyarakat Tentang Pengenalan Informasi Seputar Burung Kicau, Atau Hewan Peliharaan Dalam Perawatan, Penangkaran, dan Penyembuhan Penyakit.

Tips Pemilihan Pleci Dalam Kandang Ombyokan

Artikel terkait : Tips Pemilihan Pleci Dalam Kandang Ombyokan

Bagi Pleci Mania, membeli burung Pleci dalam kandang ombyokan adalah hal yang paling mendebarkan dan membikin ketagihan. Tak jarang, pleci yang didapat dikandang ombyokan di bawa kerumah bertemu dengan pleci koloni dirumah akan ngalas - ngalas, hal ini lah yang sering membikin buta pleci mania, tak terasa rawatan momongannya semakin lama bertambah karena keseringan ngombyok hehehe. Ngombyok Pleci adalah salah satu hal yang menentukan terkait mental dan efisiensi waktu pemeliharaan pleci kita, diperlukan kejelian, kesabaran dalam menentukan momongan yg akan kita rawat.

Pleci Buxtoni Dalam Kandang Ombyokan
Berikut beberapa trik yang dianggap berhasil dalam menentukan pilihan diantara puluhan bahkan ratusan pleci di kandang ombyokan :
  1. Usahakan waktu yang tepat ngombyok pleci adalah pagi, karena di jam tersebut pleci sedang agresif dan aktif. Terlihat sekali mana yang sehat, mana yg tidak. Jika sangkar ombyokan bisa dipindah, pindahkan ke tempat yg terkena sinar matahari. Hindari ngombyok di siang dan sore hari, biasanya pleci sudah mulai istirahat dan tidak terlalu responsif.
  2. Putar Suara Pleci Betina menggunakan perangkat Mp3, lihat reaksi dari pleci - pleci di ombyokan. Pleci yang bermental bagus dan pada birahi yang cukup baik akan merespon suara betina diluar sangkar. Jika suaranya mirip suara pada Mp3 yang diputar, maka kemungkinan besar ia betina yang bagus, perlu di ingat bahwa betina juga merespon call betina lain, terkadang juga gelisah, pertanda ia adalah betina dominan yang tidak suka kehadiran betina lain di wilayahnya. Betina seperti ini biasanya mudah jodoh dengan jantan manapun karena dominasinya. Jika ada yg merespon dengan call tegas dan gelisah, ngecir, sesekali ngalas pendek (call double / triple) maka ia adalah jantan yang bagus dan bermental baik serta dalam birahi yg pas. Jangan pikir panjang. Langsung semprot, bungkus.
  3. Dalam hal tidak ada yang ngalas pendek, maka coba dengan memutar ZT (zosteroops therapy), dengan cara ini dibutuhkan waktu yang agak lama, karena mendengar suara therapy, pleci cenderung diam, selang beberapa menit, diantara diamnya, pleci jantan bermental akan ngeriwik, kadang halus, kadang ada yg langsung ngeriwik kasar. Kita abaikan Postur, lingkar mata, bentuk ekor, atau paruh jika ada yg ngeriwik kasar, langsung semprot dan bungkus. Jika tidak ada yang ngeriwik kasar, cari yang ngeriwik halus, ditandai dengan suara riwikan yg dibawakan pelan, bahkan terkadang hampir tidak terdengar, cuma terlihat seolah - olah lehernya kembang kempis (menggembung/kemuh), terkadang dengan mengangkat kepala, terkadang dengan gaya mirip teler. Semprot beberapa yg demikian, pisahkan. Lalu cari yang berpostur paling proporsional, berbulu paling rapih/cerah, dan lingkar mata serta paruh tebal/panjang.
Cara lainnya, bawa betina kita yang paling ciamik, dominan, cantik, dan agak lenjeh (rajin call). Tempel di samping kandang ombyokan, lalu pilih sesuai keterangan - keterangan diatas. Cara ini adalah cara favorit banyak Pleci Mania. Jangan lupa dirumah anda, dalam satu koloni minimal ada satu jantan jagoan, satu betina, serta beberapa jantan untulan.

Baca artikel Pleci lainnya :
Semoga bermanfaat.
Tetap jadikan Koran Burung inspirasi Kicau Mania Indonesia.

Artikel Koran Burung Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 Koran Burung | Design by Koran Burung