Media Masyarakat Tentang Pengenalan Informasi Seputar Burung Kicau, Atau Hewan Peliharaan Dalam Perawatan, Penangkaran, dan Penyembuhan Penyakit.

Tips Menaikkan Mental Tempur Pleci Muda Untuk Ditampilkan Di Arena Kontes Oleh Pleci Mania Berpengalaman

Artikel terkait : Tips Menaikkan Mental Tempur Pleci Muda Untuk Ditampilkan Di Arena Kontes Oleh Pleci Mania Berpengalaman

Terkadang kita sebagai perawat tidak sabar terhadap momongan Pleci yang masih muda untuk di ikutkan dalam Perkontesan Suara. Bahasan kali ini oleh Pleci mania berpengalaman.

Pleci Dakun Jatim Muda
Apakah mungkin seekor Pleci Muda bisa menjadi jawara ditengah kepungan musuh yang umurnya lebih tua? jawabnya adalah bisa, asalkan kita melalui 6 tahap sebagai berikut :
  1. Membuat koloni baru dengan membuat si jagoan Muda sebagai pemimpin koloninya. Caranya adalah dengan membeli pleci ombyokan dengan umur yang juga masih muda (lihat sisik di kakinya) sejumlah 3 ekor dan seekor cewean yang cocok dengan si Jagoan Muda, lalu masukkan semuanya dalam satu kandang yang agak besar dengan minimal dua tangkringan di dalamnya,berikan 2 cepuk makan,dan 2 cepuk mandi/minum, 2 gantungan buah. Perhatikan selama 3 hari..lihat apakah si Jagoan Muda benar2 menguasai koloni ini, misalnya, kalau dia mau makan atau minum, maka yang lainnya akan menghindar, dan tidurnya berdempet dengan ceweannya, sedangkan yang lainnya berada di sampingnya atau di tangkringan lain. (Baca juga : Bagaimana Tahapan Menampilkan Pleci Agar Juara Kontes)
  2. Kalau ada dari anggota koloni itu yang malah menjadi pemimpin di koloni selain si Jagoan Muda, segera keluarkan dari kandang tersebut, lihat untuk sisa koloninya, apabila masih ada yang seperti itu lagi, kalau iya, keluarkan lagi, kalau sudah tinggal 3 tapi si Jagoan Muda masih belum menjadi pemimpin koloninya, ganti lagi dengan yang lain. Demikian sampai kita lihat bahwa si Jagoan Muda betul-betul telah menguasai koloninya tersebut.
  3. Setelah kita lihat bahwa si Jagoan Muda telah menjadi pemimpin koloni, baru kita pisahkan anggota koloni tersebut masing-masing 1 kandang. Penempatannya selama di jemur dan istirahat adalah menempatkan si Jagoan Muda berada di tengah - tengah koloninya dengan si betina direndeng/dijejer disampingnya. Lakukan pengkolonian seperti itu selama paling tidak 1 minggu.
  4. Setelah 1 minggu, bawa 2 atau 3 ekor pleci lain ke rumah kita (bukan burungnya yang dibawa keluar rumah ya om). Lalu trek dengan si Jagoan Muda serta semua anggota koloninya dan ceweannya. Lalu pisahkan si cewean dari kerumunan trek tadi, lihat reaksi dari si Jagoan Muda, apabila dia ngalas - ngalas memanggil ceweannya, maka itu adalah tanda yang bagus. Teruskan treknya, jauhkan si cewean sampai tidak terdengar suaranya oleh kerumunan trek tadi, lalu gantungkan terpisah kira - kira jarak 1 meter berjejer dengan si Jagoan Muda berada di tengah.apabila dia sudah berani ngalas dan bersuara keras, maka tugas kita untuk membangkitkan mental tempurnya sudah selesai, dan si Jagoan Muda bisa mulai di setting untuk rawatan kontes seperti biasanya.
  5. Apabila ternyata si Jagoan Muda tidak berani berbunyi keras di tengah jejeran di atas, maka pindahkan dia ke posisi paling pinggir agak jauh dari pleci yang sedang di gantungkan tadi. Apabila dia mau berbunyi keras, maka kita bisa melihat itu sebagai naiknya semangat tempur si Jagoan Muda, lakukan pengkolonian seperti tahap ke 2 selama 1 minggu berikutnya. Lalu lakukan lagi tahap nomor 4, sampai akhirnya si Jagoan Muda berani berbunyi di tengah.
  6. Apabila si Jagoan Muda sudah berani berbunyi di tengah maka lanjutkan perawatan si Jagoan Muda sesuai setting lombanya sebagaimana biasanya untuk di test di arena latihan. (Baca Juga : Cara Perawatan Burung Pleci Agar Cepat Gacor Dan Ngalas)
Demikian tips menaikkan mental tempur Pleci muda untuk kontes. (Baca juga: Tips Pemilihan Pleci Dalam Kandang Ombyokan)
Semoga Bermanfaat.

Tetap jadikan Koran Burung inspirasi Kicau Mania Indonesia.

Artikel Koran Burung Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 Koran Burung | Design by Koran Burung